Minggu, 13 Desember 2015

Pengembangan peserta didik (9)

Menganalisis Gambar Anak





       Dilihat dari periodenya karya Putu Ayu yang berusia 10 tahun termasuk pada masa Realisme Awal ( Drawing Realism)  karya  anak  lebih  menyerupai  kenyataan. Kesadaran perspektif mulai muncul, namun berdasarkan penglihatan sendiri. Mereka menyatukan  objek  dalam  lingkungan.  Perhatian  kepada  objek  sudah  mulai rinci.  Dalam  menggambarkan  objek,  proporsi  (perbandingan ukuran) belum dikuasai sepenuhnya.  Pemahaman  warna  sudah  mulai disadari. Penguasan konsep  ruang mulai  dikenalnya sehingga  letak  objek  tidak lagi  bertumpu  pada  garis  dasar,  melainkan  pada  bidang  dasar  sehingga  mulai ditemukan  garis  horizon.  Selain  dikenalnya  warna  dan  ruang,  penguasaan  unsur  desain seperti keseimbangan dan irama mulai dikenal pada periode ini. Ada  perbedaan  kesenangan  umum,  misalnya:  anak  laki-laki  lebih  senang kepada menggambarkan kendaraan, anak perempuan kepada boneka atau bunga.

Secara visual tidak ada yang aneh dari gambar ini. Seperti anak kebanyakan dia menggambar gunung kembar dengan matahari, rumah, pohon dan objek manusia. Pewarnaannya pun tergolong baik untuk anak seusianya namun yang menjadi aneh bagi saya ialah saat Indrianti Amilda Pratami  bercerita tentang  gambar tersebut dalam presentasinya, bahwa si anak sedang berusaha menggambar tetang dirinya bersama pacarnya yang sedang jalan bersama. Aneh memang, anak seusia putu ayu sudah mengenal pacaran.

Sumber:

http://sitirohmaniyah-nia.blogspot.co.id/2014/05/perkembangan-seni-rupa-anak-sekolah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar