Pengelompokan periodisasi karya seni rupa anak dimaksudkan
agar kita mudah mengenali karakteristik perkembangan anak berdasarkan usianya.
Dalam mengungkapkan gagasannya, anak masih memandang gambar sebagai satu
ungkapan keseluruhan. Hal ini belum tampak bagian demi bagian secara rinci.
Yang tampak hanyalah bagian-bagian kecil yang menarik perhatian, terutama yang
menyentuh perasaan dan keinginannya.
Periodisai menurut Cyrl Burt (Lowenfeld, 1975: 118-119)
Membagi periodisasi gambar menjadi tuju tingkatan, yaitu:
Masa mencoreng :
2 - 3 tahun
Masa garis :
4 tahun
Masa simbolisme deskriptif : 5 - 6 tahun
Masa realisme deskriftif :
7 - 8 tahun
Masa realisme visual :
9 - 10 tahun
Masa represi :
10 – 14 tahun
Masa pemunculan artistic :
masa adolesen
Beikut beberapa analisis gambar yang sudah saya analisis
berdasarkan pembagian periode masa seni rupa anak
Karya :
I Nengah Adi Artana ( 5 Tahun )
Menurut periodenya usia Adi Artana termasuk kedalam anak simbolisme deskriptif, dimana pada karya ini Adi Artana banyak menggambar babi yang pada kenyataannya orang tuanya memelihara babi. Bisa dilihat pada gambar tersebut Objek yang digambarkan anak biasanya
berupa gambar kepala-berkaki. Sebuah lingkaran
yang menggambarkan kepala kemudian pada bagian bawahnya ada dua garis
sebagai pengganti kedua kaki. Ciri-ciri yang
menarik lainnya pada tahap ini yaitu
telah menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris
untuk memberi kesan objek dari dunia
sekitarnya. Koordinasi tangan lebih berkembang.
Aspek warna belum ada hubungan tertentu
dengan objek, orang bisa saja berwarna
biru, merah, coklat atau warna lain yang
disenanginya. Penempatan dan ukuran objek
bersifat subjektif, didasarkan kepada kepentingannya.
Ini dinamakan dengan “perspektif batin”.
Karya :
Ni Putu Indah Dewi ( 3 Tahun )
Menurut periodenya usia Putu Indah Dewi termasuk ke dalam periode masa mencoreng. Corengan terkendali ditandai dengan kemampuan anak menemukan kendali visualnya terhadap coretan yang dibuatnya. Hal ini tercipta dengan telah adanya kerjasama antara koordiani antara perkembangan visual dengan perkembamngan motorik. Hal ini terbukti dengan adanya pengulangan coretan garis baik yang horizontal , vertical, lengkung , bahkan lingkaran.
Dilihat pada gambar yang ia buat banyak menggunakan garis-garing yang menggambarkan manusia dan bunga. Namun nampaknya dia juga sudah mulai mengenal warna. Bisa dilihat pada gambar diatas dia sudah mampu mewarnai bunga.
Sumber :
Foto Dokumentasi Pribadi
http://sitirohmaniyah-nia.blogspot.co.id/2014/05/perkembangan-seni-rupa-anak-sekolah.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar