Analisis Gambar Anak-Anak
Perkembangan peserta
didik merupakan bagian dari pengkajian dan penerapan psikologi perkembangan
yang secara khusus mempelajari aspek-aspek perkembangan individu yang berada
pada tahap usia sekolah. Sebagai individu yang tengah tumbuh dan berkembang,
peserta didik memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju kearah
titik optimal kemampuan fitrahnya.
Dalam mata kuliah perkembangan peserta didik di Jurusan
Pendidikan Seni Rupa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali, selain
membahas perkembangan peserta didik secara pengetahuan umum, pembelajaran juga
membahas tentang perkembangan anak dari sisi seni rupanya. Pada tanggal 29
september 2015 Drs. Jajang Suryana M.Si selaku dosen pengajar mata kuliah
perkembangan peserta didik memberi tugas kepada mahasiswa untuk
mempresentasikan hasil gambar anak-anak pada rentang usia pra sekolah sampai
SMA.
Berikut beberapa gambar yang saya temukan di lingkungan
rumah yang saya bahas dalam presentasi
Karya :
Ni Komang tya yanti ( 3 Tahun )
Karya :
I Nengah Adi Artana ( 5 tahun )
Karya :
I Nengah Adi Artana ( 5 tahun )
Karya :
Ni Komang Listya yanti ( 3 tahun )
Karya :
Ni Kadek Dina Saraswati ( 4 Tahun )
Karya :
Ni Putu Indah Dewi ( 3,5 tahun )
Karya :
I Wayan Nova Edi ( 4 tahun )
Karya :
Ni Komang Listya yanti ( 3 tahun )
Karya :
Ni Putu Yuni Kusuma Yanti ( 10 tahun )
Karya :
Ni Luh Intan Damayanti ( 11 tahun )
Dalam proses pengumpulan gambar
saya menyediakan kertas dan beberapa bahan pewarna seperti pensil warna, spidol
dan krayon. Membuat anak-anak yang sedang bermain untuk mau menggambar
merupakan hal yang susah. Saya mencoba menggunakan metode dengan cara mengajak
salah satu dari mereka agar mau ikut menggambar dengan saya, dan kemudian tanpa
disuruh anak-anak yang lainnya akan tertarik dan mau ikut menggambar. Dalam
proses menggambarnya anak-anak kebanyakan bingung, kemudian mereka sering
mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada saya; Gambar apa kak? Ini
warnanya apa? Boleh pakai warna ini? Dan masih banyak lagi
pertanyaan-pertanyaan sejenis itu yang mereka tanyakan. Kemudian saya
merangsang anak-anak untuk menggambar apa yang ada disekitarnya, alhasil kebanyakan
dari mereka menggambar bunga, manusia, mobil, burung dan sebagainya.
Sumber:
Foto Dokumentasi Pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar