Kamis, 24 September 2015

TUGAS 1 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Oleh : I Wayan Ginastra

Perkembangan
Santrock Yussen (1992) mengatakan bahwa perkembangan merupakan pola perkembangan individu yang berawal pada masa konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi. Pendapat ini sangat tepat untuk menjelaskan pengertian perkembangan. Manusia berkembang tidak hanya dari masa kelahiran saja tetapi dari masa konsepsi manusia sudah mulai berkembang. Masa konsepsi mempunyai arti waktu dimana sel telur (ovum) bertemu sperma. Pada saat itu pula manusia berkembang hingga mempunyai bagian-bagian tubuh yang lengkap. Perkembangan manusia akan terus berlanjut sampai saat pengambilan ruh tiba. Semua makhluk Tuhan tidak akan tahu kapan perkembangan dalam dirinya itu terhenti. Menurut E.B Hurlock perkembangan bersifat kualitatif dan kuantitatif.
Perkembangan peserta didik dapat dipengaruhi oleh factor internal dan Faktor eksternal. Yang dimaksud factor internal ialah faktor bilogis individu yang merujuk pada faktor genetik yang diturunkan oleh kedua orangtuanya namun Kondisi fisik yang yang tidak sempurna atau cacat juga berkaitan dengan persepsi individu terhadap kemampuan dirinya.  Begitupun ketidakmampuan intelektual dapat disebabkan karena kerusakan sistem syaraf, kerusakan otak atau mengalami retardasi mental.
Sedangkan yang dimaksud faktor eksternal ialah Lingkungan, mencakup kondisi keamanan, cuaca, keadaan geografis, senitasi atau kebersihan lingkungan.

 Periode Perkembangan Seni Rupa anak-anak
    Pengelompokan periodisasi karya seni rupa anak dimaksudkan agar kita mudah mengenali karakteristik perkembangan anak berdasarkan usianya. Dalam mengungkapkan gagasannya, anak masih memandang gambar sebagai satu ungkapan keseluruhan. Hal ini belum tampak bagian demi bagian secara rinci. Yang tampak hanyalah bagian-bagian kecil yang menarik perhatian, terutama yang menyentuh perasaan dan keinginannya.
Periodisai menurut Cyrl Burt (Lowenfeld, 1975: 118-119) Membagi periodisasi gambar menjadi tuju tingkatan, yaitu:
Masa mencoreng                    : 2 - 3 tahun
Masa garis                                : 4 tahun
Masa simbolisme deskriptif   : 5 - 6 tahun
Masa realisme deskriftif        : 7 - 8 tahun
Masa realisme visual              : 9 - 10 tahun
Masa represi                            : 10 – 14 tahun
Masa pemunculan artistic      : masa adolesen

Masa Corengan  dan masa garis
       Masa corengan merupakan masa awal yang bisa dikaitkan dengan seni rupa. Semua anak manusia pasti melewati masa ini, Kesenangan membuat coretan-coretan di dinding atau media lain tumbuh pada anak-anak usia kurang lebih dua tahun. Goresan-goresan yang dihasilkan masih kasar dan tidak beraturan, kecenderungan anak usia 2 tahun ini menggoreskan pensil atau alat tulis lain pada bidang degan keras bahkan sampai-sampai sekuat tenaga tangan dan jari mereka. Hal ini dapat kita temukan anak yang melubangi atau melukai kertas yang digoresnya. Hal ini tentunya berkaitan dengan kemampuan motorik anak yang masih mengunakan motorik kasar. Kemudian, seiring perkembangan motorik anak berikutnya hasil corengan atau garis mulai beragam dengan arah yang bervariasi pula. Periode ini terbagi ke dalam tiga tahap, yaitu:

1.  Corengan tak beraturan
         Tahap ini garis atau coretan yang dihasilkan anak tak beraturan. gambar yang terbentuk juga sembarangan, kecenderungan anak mencoreng tanpa alasan atau maksud membuat bentuk tertentu, anak-anak melakukan corengan hanya karena mereka mau dan senang melakukan hal yang baru dalam hidupnya.
2.  Corengan terkendali
tahap ini anak mulai bisa mengendalikan motoriknya dengan lebih baik. Corengan yang dihasilkan sudah terkendali dan terlihat ada usaha dalam setiap tarikan garisnya. Hal ini terjadi karena adanya kerjasama antara  perkembangan visual dengan perkembamngan motorik. Hal ini terbukti dengan adanya pengulangan coretan garis baik yang horizontal , vertical, lengkung , bahkan lingkaran.
3.  Corengan bernama
tahap ini adalah tahap terakhir dari  masa corengan & garis. Biasanya terjadi pada anak usia 3 sampai 4 tahun, corengan yang dihasilkn sudah berupa gambar atau bentuk-bentuk yang sudah akrab dengan mereka. Seperti mobil, rumah, ayah, ibu, kakak dll. Dan seiring perkembangan bahasa, visual motoriknya anak juga dapat menyebutkan apa yang dia buat. Anak mulai menyadari hubungan gambar dengan lingkungannya bentuk, warna dan bahkan suatu kejadian juga mulai muncul dalam karya anak. disinilah tugas guru dan orang tua untuk membina mereka agar mengenal warna, bentuk dan peristiwa-peristiwa dilingkungannya.

Masa simbolisme deskriptif
      Pada masa ini anak sudah mengenal bentuk lebih banyak dan perkembangan motoriknya juga semakin bagus perpaduan antara visual dan motrik akan berpengaruh dalam karyanya di masa ini. Gambar yang dihasilkan sudah menunjukkan keseriusan dalam usaha mencapai bentuk-bentuk tertentu. Tapi gambar masih tetap berkesan datar dan belum bisa mengukur perbandingan ukuran objek satu dengan yang lainnya. Masa ini biasanya terjadi usia 5 sampai 6 tahun Pada perkembangan selanjutnya kesadaran ruang muncul dengan dibuatnya garis pijak (base line). Hasil karya anak-anak itu disebutnya gambar fisioplastik. Anak yang belum berumur 8 tahun belum mampu menggambar apa yang dilihatnya tetapi mereka menggambar maenurut apa yang sedang dipikirkannya. Hasil karya mereka itu disebut gambar ideoplastik.
Pada masa ini juga, kadang-kadang dalam satu bidang gambar dilukiskan berbagai peristiwa yang berlainan waktu. Hal ini dalam tinjauan budaya dinamakan continous narrative, anak sudah bisa memahami ruang dan waktu. Objek gambar yang dilukiskan banyak dan berulang menggambarkan sedang dilakukan.

Masa realisme deskriftif
      Dimasa ini karya anak lebih menyerupai kenyataan. Kesadaran perspektif mulai muncul, namun berdasarkan penglihatan sendiri. Mereka menyatukan objek dalam lingkungan. Selain itu kesadaran untuk berkelompok dengan teman sebaya dialami pada masa ini. Perhatian kepada objek sudah mulai rinci. Namun dalam menggambarkan objek, proporsi (perbandingan ukuran) belum dikuasai sepenuhnya. Pemahaman warna sudah mulai disadari. Penguasan konsep ruang mulai dikenalnya sehingga letak objek tidak lagi bertumpu pada garis dasar, melainkan pada bidang dasar sehingga mulai ditemukan garis horizon. Selain dikenalnya warna dan ruang, penguasaan unsur desain seperti keseimbangan dan irama mulai dikenal pada periode ini. Ada perbedaan kesenangan umum, misalnya: anak laki-laki lebih senang kepada menggambarkan kendaraan, anak perempuan kepada boneka atau bunga. Dalam masa ini anak sudah mulai bisa menangkap objek yang ingin digambarnya mereka mampu menggambar bentuk apa yang dilihatnya.

Masa realisme visual
        Pada usia anak antara 9 sampai 10 tahun anak mulai memiliki kemampuan berfikir abstrak serta kesadaran sosialnya makin berkembang. Perhatian kepada seni mulai kritis, bahkan terhadap karyanya sendiri. Pengamatan kepada objek lebih rinci. Tampak jelas perbedaan anak-anak bertipe haptic dengan tipe visual. Tipe visual memperlihatkan kesadaran rasa ruang, rasa jarak dan lingkungan, dengan fokus pada hal-hal yang menarik perhatiannya. Penguasaan rasa perbandingan (proporsi) serta gerak tubuh objek lebih meningkat. Tipe haptic memperlihatkan tanggapan keruangan dan objek secara subjektif, lebih banyak menggunakan perasaannya. Gambar-gambar gaya kartun banyak digemari. Ada sesuatu yang unik pada masa ini, di mana pada satu sisi anak ekspresi kreatifnya sedang muncul sementara kemampuan intelektualnya berkembang dengan sangat pesatnya. Sebagai akibatnya, rasio anak seakan-akan menjadi penghambat, Kekawatiaran tentang penilaian orang tentang karyanya mulai tumbuh sehingga akibatnya mereka cenderung malu memperlihatkan karyanya.

Masa    Represi
        Masa ini biasanya terjadi penurunan minat menggambar. Sebagian anak mulai melirik dunia baru yang ditemuinya disekolah, lingkungan, ahkan dalm keluarga itu sendiri. Pencarian identitas dan kebebasan adalah ciri utama dari masa ini. Makin banyak waktu yang dihabiskan diluar keluarga atau rumah. Pikiran menjadi abstrak, idealis dan logis. Namun bagi sebagian anak yang memiliki kesenangan dalam senirupa, masa ini juga tidak terlalu berpengaruh terhadap pengembangannya di seni rupa. Dan dalam masa ini juga mulai nampak perbedaan antara anak-anak yang memiliki bakat dan tidak memiliki bakat dalam seni rupa.

Masa pemunculan artistic
          Dimasa ini anak dihadapkan pada pilihannya mengenai jati dirinya. Dibalik temuan-temuannya diluarsana mengenai kehidupan masa depan juga akan berpengaruh terhadap pilihannya nanti. Rasional anak pada masa ini sudah bisa dan mampu memilah apa-apa yang ia anggap baik bahkan dalam usia ini seorang anak sudah pantas ditanyakan pendapatnya tentang rapat kecilyang terjadi di keluarga atau sekolah. Masa ini anak juga mulai menyadari kemampuan diri sendiri dalam berkeseni rupaan. Anak yang berbakat cenderung akan melanjutkan kegiatannya dengan rasa senang, tetapi yang merasa tidak berbakat akan meninggalkan kegiatan seni rupa, apalagi tanpa bimbingan. Dalam hal ini peranan guru banyak menentukan, terutama dalam meyakinkan bahwa keterlibatan manusia dengan seni akan berlangsung terus dalam kehidupan. Seni bukan urusan seniman saja, tetapi urusan semua orang dan siapa pun tak akan terhindar dari sentuhan seni dalam kehidupannya sehari-hari.

Perkembangan mempunyai arti suatu proses perubahan individu yang pelaksanaannya teratur berawal dari masa konsepsi dan berlangsung sampai akhir hayat. Sedangkan pertumbuhan merupakan proses perubahan individu secara fisik. Perkembangan dan pertumbuhan pada diri individu dapat diamati gejala-gejalanya. Dalam perkembangan peserta didik banyak berbagai proses yang saling terkait yaitu proses biologis, kognitif, psikososial. Ketiga proses ini tidak dapat terpisahkan satu sama lain. Pendapat-pendapat para ahli yang berbeda dalam hal pengertian istilah-istilah dalam perkembangan dan penjelasan materi menjadikan pembahasan tentang Hakikat Perkembangan Peserta Didik lebih luas materi dan penjelasannya
Sebagai mahasiswa Senirupa sekaligus sebagai calon guru Seni rupa diindonesia harus mengetahui perkembangan seni rupa pada peserta didik guna menjadikan pengetahuan ini sebagai acuan untuk menangani atau membimbing peserta didik di berbagai usia dalam urusan seni rupa tentunya.

Sumber :
Hurlock, Elizabeth B, 1978, Perkembangan Anak, edisi keenam, Penerbit Erlangga
Papalia, Diane E, sally wendkos Old & Ruth Duskin Feldman, 2008, Human Development (psikologi perkembangan) edisi kesembilan, KENCANA Prenada Media Goup
http://rizkypena.blogspot.co.id/

diakses pada 25 September 2015, pukul 12:10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar