Telaah Kurikulum
Kurikulum
adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh
suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang
akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan
kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta
kebutuhan lapangan kerja.
Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan
maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini
dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang
dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2006: 195) Pendidikan
merupakan proses perubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang
dalam usaha mendewasakan melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan
merupakan hal yang penting untuk membangun peserta didik untuk menguasai dan
mencapai tujuan kependidikan. Didikan pertama
kali untuk anak ialah didikan keluarga, khususnya orang tua, orang tua mendidik
anaknya tanpa rencana tertulis tetapi memaksimalkan melalui sifat dan tingkah
laku sehari-hari dalam keluarga. Semua
orang tua selalu mempunyai harapan yang terbaik untuk anaknya.
Fungsi kurikulum
dalam rangka mencapai tujuan pendididkan
Fungsi
kurikulum dalam pendidikan tidak lain merupakan alat untuk mencapai tujuan
pendididkan. Dalam hal ini, alat untuk menempa manusia yang diharapkan sesuai
dengan tujuan yang diharapkan. Pendidikan suatu bangsa dengan bangsa lain tidak
akan sama karena setiap bangsa dan Negara mempunyai filsafat dan tujuan
pendidikan tertentu yang dipengaruhi oleh berbagai segi, baik segi agama,
idiologi, kebudayaan, maupun kebutuhan Negara itu sendiri. Dengan demikian,
dinegara kita tidak sama dengan Negara-negara lain, untuk itu, maka:
- Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional,
- Kuriulum merupakan program yang harus dilaksanakan oleh guru dan murid dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan-tujuan itu,
- Kurikulum merupakan pedoman guru dan siswa agar terlaksana proses belajar mengajar dengan baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Fungsi Kurikulum Bagi Guru
Guru tidak hanya berfungsi sebagai pelaksana kurikulum
sesuai dengan kurikulum yang berlaku, tetapi juga sebagai pengembangan
kurikulum dalam rangaka pelaksanaan kurikulum tersebut.
Berikut adalah
beberapa Jenis kurikulum di Indonesia
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
KBK atau Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah seperangkat
rencana dan pengaturan tentang kompetensi
dan hasil belajar, serta pemberdayaan sumber daya pendidikan. Kurikulum
Berbasis Kompetensi (KBK) adalah kurikulum dalam dunia pendidikan di Indonesia
yang mulai diterapkan sejak tahun 2004. Kurikulum berbasis kompetensi merupakan
suatu desain kurikulum yang dikembangkan berdasarkan seperangkat kompetensi
tertentu oleh karena itu Depdiknas menyusun standar nasional untuk seluruh mata
pelajaran, yang mencakup komponen-komponen; (1) standar kompetensi, (2)
kompetensi dasar, (3) materi pokok, dan (4) indikator pencapaian.
Kurikulum Berbasis
Standar Kompetensi (KTSP)
KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah sebuah
kurikulum operasional pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh
masing-masing satuan pendidikan di Indonesia.
Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI
(Standar Isi), namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai
dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) merupakan revisi dan pengembangan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi
atau ada yang menyebut Kurikulum 2004.
Kurikulum 2013
Kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013
sudah diimplementasikan pada tahun pelajaran 2013/2014 pada sekolah-sekolah
tertentu (terbatas). Kurikulum 2013 diluncurkan secara resmi pada tanggal 15
Juli 2013. Pembaharuan kurikulum perlu dilakukan sebab tidak ada satu kurikulum
yang sesuai dengan sepanjang masa, kurikulum harus dapat menyesuaikan dengan
perkembangan zaman yang senantiasa cenderung berubah.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum
Diakses 25 September 2015 pukul 13 : 23
Umi, Chuisum dan Windy. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Surabaya: Kashiko
Tidak ada komentar:
Posting Komentar